hfter-mamoru1.jpg

Pilih nge Lead atau Rhythm


Sebagai seorang yang hobi mainin gitar sempet saya terseok-seok dalam mendalami cara bermain gitar, dari awal saya otodidak tidak ada guru/pengajar khusus dalam membantu saya bergitaria, hanya dari kakak-kakak sayalah saya pertama kali mendapatkan pelajaran memainkan gitar.

Setelah saya mulai tertarik untuk nge-Band, saya sangat tergila-gila dengan tehnik lead atau solo gitar. Mati-matian saya mendalami segala macam tentang nge-lead, dan pada akhirnya saya dihadapkan pada satu persoalan, yaitu: nge-lead atau nge-rhythm. Masalah tersebut muncul dikarenakan band hanya memiliki satu gitaris  dan band dalam masa persiapan materi untuk pembuatan demo album.

Cemen memang mendengarkan materi lagu terutama bagian gitarnya, seperti tidak ada catchy-nya sama sekali dan kelihatan kosong disana-sini. Akhirnya saya mendapatkan filosofi dari seorang musisi senior di negeri ini yaitu Yudis Dwikorana yang pada saat itu ia berniat untuk memproduseri album band saya, filosofi itu adalah :

RHYTHM : bagaikan sebuah RUMAH

LEAD/SOLO: bagaikan PERABOTAN RUMAH

dari filosofi itu saya di kasih pertanyaan oleh Yudis Dwikorana, “bila kamu hanya mempunyai kesempatan atau kemampuan untuk memiliki, kamu akan pilih beli Rumah atau beli Perabotan dulu?”…. kontan secara naluriah saya menjawab Rumah, betul sambung Yudis. “Kamu akan merasa aman didalam rumah milik kamu sendiri dan bila ada kesempatan dan kemampuan lagi barulah kamu melengkapi rumahmu itu dengan perabotan yang kamu anggap cocok untuk mengisi rumah milikmu” kata Yudis lagi.

Bila diterjemahkan dalam musik kurang lebih menurut saya sbb:

Pelajari dan pahami cara nge-Rhythm, sebab Rhythm adalah dasar dalam bermain gitar, dengan Rhythm sebuah lagu lebih bisa dimainkan dari pada hanya dengan Lead. Rhythm dalam kondisi tertentu bisa mewakili lead dalam komposisi sebuah aransemen, contoh yang bisa kita lihat di lagunya Red Hot Chili Peppers dengan judul “Give It A Way”. Di lagu tsb John Frusciante memainkan sebuah pattern Rhythm yang bisa dikategorikan mewakili sebuah lead tapi dengan balutan sebuah beat yang konsisten. Beda dengan kalau dalam mengiringi sebuah lagu kita dari awal  isi dengan lead terus tanpa ada rhythm sama sekai, kedengarannya akan berebutan dengan suara vokalisnya.

Tulisan ini hanya berlaku bila kita sebagai seorang gitaris harus memilih dengan kondisi dalam satu formasi band hanya memiliki satu gitaris……selainnya terserah anda, bisa jadi karena kepiawaian seorang gitaris dengan hannya diiringi lead tanpa rhythm sebuah komposisi lagu enak untuk didengarkan, tapi menurut saya lagi seorang gitaris tsb pasti telah piawai, mengerti, memahami banget cara nge-Rhythm yang benar.

Semoga tulisan ini bisa membantu para gitaris yang kategorinya mungkin masih beginner/pemula agar bisa bijaksana dalam bermain gitar.

By.Pipic

14 thoughts on “Pilih nge Lead atau Rhythm”

    1. Bro Aling…. wah klo caranya Rythm sangat bervariatif, Rythm / Ritme (dlm bahasa indonesia) ada yg mendefinisikan : struktur musik yang berhubungan dengan ketukan tempo dan ketukan yang menyatakan fell atau penjiwaan sebuah lagu ( http://www.huteri.com/336/istilah-istilah-dalam-musik ), sedang nge-Lead (dalam tulisan saya bisa di golongkan ke Melody gitar) : susunan rangkaian tiga nada atau lebih dl musik yg terdengar berurutan secara logis serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Klo mau d lihat perbedaannya dari segi personil band Metallica seperti James Hettfield dominan di Rythm & Kirk Hammet dominan di Lead Guitar. kira2 begitulah bro Aling.Tks

    1. Bro Zul… perbedaan rythm gitar dan lead gitar dari sisi mananya? klo perbedaan secara definisi seperti yang aku sharingkan ke Bro Aling diatas. Secara instrumen, peralatan pendukung ataupun teknologinya bagi aku hampir tidak ada perbedaan… tinggal cocok atau nyaman tidaknya kita mendapatkan soundnya untuk komposisi sebuah lagu, hal tersebut akhirnya mempengaruhi kreatifitas, ide dll yang akan kita tuangkan. Hanya secara global inilah yg bisa aku sharingkan. Tks

    1. Perbedaan dari sisi cara memainkan gitar rhtym dan lead berbeda di teknik dan skil, klo mau dijabari panjang banget dan kemampuanku untuk menjelaskan secara kata2 sangat terbatas, mas bro bisa search teknik dan skil tsb di internet. Yang jelas teknik & skil untuk lead gitar lebih banyak dan lebih menantang dari rhythm gitar (klo kesulitan dari skil masing2 sangat relatif dalam penilaianku) & kurang lebih 85% komposisi gitar dalam sebuah lagu diisi oleh rythm sisanya lead gitar.. begitu mas bro yg bisa aku sharingkan. Tks

    1. Bro Kadex…..Menurut saya pribadi berdasar pengalaman yg ada, yang menjadikan perbedaan sebuah gitar untuk melodi dan ritem terletak pada kebutuhan si pemiliknya untuk keperluan yang didasari atas keperluan karakter sound dan jenis untuk sebuah lagu dan musik, dan berujung ke spesifikasi perangkat gitar, dari mulai spul/pickup, jenis kayu, model bodinya (untuk kenyamanan/style) dll. Di merek-merek gitar yang ada biasanya disertakan detil deskripsi setiap seri dan modelnya. Contoh yg umum ….dilihat dari Playability : Gitar untuk genre speed metal memerlukan Playability yang nyaman di neck gitarnya untuk menunjang kelincahan jemari disaat menjalankan tugas sebagai melodi, biasanya neck yg tipis kebanyakan menjadi idola gitaris metalhead utk keperluana melodi yg cepat, tapi neck tipis tidak mutlak dinobatkan sebagai gitar melodi, sbb ada gitaris” metalhead yg menginginkan neck yg tebal/cembung karena karakter tangan dia memang memerlukan hal tsb utk kenyamanannya. Begitu kiranya yg dpt saya sharingkan bro Kadex…mohon maaf bila kurang membuat anda puas🙂.

  1. om pipic gimana cara nya untuk menyatukan gitar 1 gitar 2 kalo gitar 1 main di A misalkan nya gitar dua main di kunci apa an

  2. maaf bang pipic, mengenai band profesional sekelas Metallica, mungkin peran Hetfield dan Kirk tidak selalu statis sebagai pemain lead atau rhythm. karena keduanya kadang saling menggantikan. Dan setahu saya, James Hetfield memainkan lead pada solo dalam lagu Nothing else matters, dan solo klasik pada awal Master of puppets. Walaupun secara umum memang biasanya Hetfield lebih fokus pada rhythm utk utk mengiringi vokalnya, dan Kirk lebih sering mengisi lead dengan solo nya yg kental dgn karakter blues.

Leave a Reply

