VAN HALEN : 5150


VAN HALEN :

5150 (1986)

Label : Warner Bros

Produser : Van Halen, Mick Jones & Donn Landee

Musisi : Sammy Hagar (Lead Vocal, Guitar), Eddie Van Halen (Guitar, Keyboard, Vocal), Michael Anthony (Bass, Vocal), Alex Van Halen (Drums).

” Hello baby……” sapaan awal yang terdengar diawal lagu pertama ini layaknya menyapa para pendengar atau para penggemar Van Halen, mungkin lebih menegaskan bahwa Van Halen masih eksis walau ditinggal oleh vokalis karismatik “David Lee Roth” dan diganti oleh “Sammy Hagar”. Dengan masuknya Sammy Hagar sangat membawa pengaruh pop rock dan unsur lebih komersil dan dari sisi melodi musik mereka semakin kaya.

Dimulai dari lagu “Good Enough” yang bernuansa hard rock, heavy metal yang bisa dibilang kental, selanjutnya di sambung dengan lagu manis “Why Can’t This Be Love”, track selanjutnya merupakan lagu-lagu yang di ilhami oleh perjalanan musik Van Halen dari era hard rock ke sweet rock seperti “Summer Night” dan “Best of Both World” dengan dibalut beat-beat yang steady dan heavy. Nah…. untuk menyimak mautnya permainan gitar Eddie Van Halen dapat di dengarkan lewat lagu “5150”.

Lagu “Dreams” salah satu contoh lagu  Van Halen yang dibikin mendekati kata sempurna. Lagu ini menjadi top hits di Amerika & Ingris. Untuk lirik yang ada di album 5150 meninggalkan tema sex joking yang sering ada di era David Lee Roth, lirik di album 5150 lebih ke percintaan, kehidupan sehari-hari, kritik sosial tapi tema-tema sex tetap ada tapi tidak sering. Para penggemar David Lee Roth mungkin kurang senang dengan perubahan ini tapi terbayar dengan sering suksesnya penjualan album-album Van Halen berikutnya hingga keberadaan Sammy Hagar berakhir di album “Balance”.

Para kritisi musik, media masa telah mengakui bahwa album 5150 merupakan salah satu album terbaik yang pernah di rilis oleh Van Halen. Memang 5150 bukan salah satu katalog terbaik tapi sebagai batu pijakan berarti bagi Van Halen guna melanjutkan musik mereka.

Track List :

  1. Good Enough
  2. Why Can’t This Be Love
  3. Get Up
  4. Dreams
  5. Summer Night
  6. Best Of Both Worlds
  7. Love Walks In
  8. “5150”
  9. Inside

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s