Avenged Sevenfold “Nightmare”


Artis : Avenged Sevenfold
Album :
Nightmare
Genre : Post Hardcore Metal
Produser :
Mike Elizondo
Label :
Warner Bros.
Rilis :
27 Juli 2010

Ditinggal mati oleh sang drummer, James “The Rev” Sullivan, akibat overdosis akhir tahun lalu tak mengendurkan semangat anak-anak Avenged Sevenfold (A7x) untuk merampungkan album studio ke-5 mereka. Dengan bantuan Mike Portnoy (Dream Theater) pada drum, album ini dianggap menyamai kehebatan album masterpiece mereka, City of Evil.

Ini merupakan album pertama A7x yang tidak menampilkan The Rev. Namun ia sempat menulis sejumlah lagu dan menyumbang vocal sebelum kematiannya. Untuk mengenang dan menghormati sosoknya, maka vocal The Rev turut pula ditampilkan di beberapa lagu. Tak hanya itu, untuk mengisi part drum yang tak terselesaikan, A7x pun meminta bantuan drummer yang paling diidolakan oleh The Rev yaitu Mike Portnoy (Dream Theater).

Jika diperhatikan, album ini terdengar lebih ganas dan lebih ‘dark’ dari yang pernah dirilis sebelumnya. Di semua elemen pun mulai dari gitar, vocal, bass, hingga drum terdengar lebih agresif. Track Nightmare yang diletakkan pada posisi pembuka album seperti sudah cukup memberikan gambaran mengenai suasana hati anak-anak A7x. Jika disimak lebih seksama pun lagu tersebut seperti sedikit memasukkan unsur dari band-band heavy metal seperti Metallica.

Nuansa yang sama pun terdengar pula di track favorit Musisi.com, God Hate Us. Sebuah track yang sangat direkomendasikan untuk disimak dan dimainkan. Mulai dari ritem gitar hingga part drum terdengar begitu nyatu. Pada saat mendengar intro gitarnya yang menampilkan sound clean gitar, tiba-tiba kita langsung dilempar ke nuansa musik metal dengan influence yang sepertinya terdengar cukup Thrash. Sayangnya Synyster Gates tak menampilkan solo gitar yang anthemic, sehingga kurang sedikit lagi lagu ini mencapai klimaksnya di bagian solo.

Seolah ingin mengulang sukses lagu Dear God dari album self-titled mereka pada tahun 2007 silam, A7x mempersembahkan So Far Away yang kental nuansa ballad. Namun lagu yang paling menggambarkan kenangan atas The Rev sepertinya terdapat pada track Victim. Selain liriknya yang menggambarkan kerinduan akan sosok The Rev, tak ada sisi yang begitu spesial di lagu ini selain kembalinya Synyster Gates dalam menampilkan permainan gitar yang paling ‘in’ dengan lagu keseluruhan.

Entah karena masuknya Mike Portnoy atau sebab lain, namun lagu yang memiliki nuansa progressive bisa disimak pada track Save Me. Beberapa kali menampilkan perubahan ketukan dan emosi membuatnya terdengar kompleks. Album ini direkomendasikan bagi para penggemar A7x, Hardcore Metal, bahkan juga DT Mania yang ingin menyimak sepak terjang Mike Portnoy di luar kebiasaannya bermain di band-band progressive.

_______________________________

Track List :
1. “Nightmare”
2. “Welcome to the Family”
3. “Danger Line”
4. “Buried Alive”
5. “Natural Born Killer”
6. “So Far Away”
7. “God Hates Us”
8. “Victim”
9. “Tonight the World Dies”
10. “Fiction”
11. “Save Me”

dikutip dari http://www.musisi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s