U’Camp


Tahun 90-an di era musik Rock kenceng berkibar, masih inget banget waktu itu aku masih duduk di bangku SMA tepatnya tahun 1992 muncul satu band lokal dengan nama U’Camp asal Bandung : Iram (gitar)Sandy (drum)Rudi (vokal)Erry (bass)Ovy (gitar)
dengan Titel Albumnya Bayangan dan dengan Hit yang sama dengan titel album “Bayangan” Produksi Metrotama, hampir tiap hari lagu tersebut diputar di radio-radio dan televisi. Fenomenal memang lagu dari band tempaan di wadah Bengkel Gong binaan Ian Antono ini yaitu lagu Bayangan yang menunjukkan skil Two Handed Tapping yang begitu menonjol di lagu ini.

Kabar yang aku denger waktu itu dua gitaris yaitu Iram & Ovy (yang masih kakak beradik) ini pernah menempuh sekolah musik di luar negeri, tak heran kalau permainan & komposisi lagu dalam album ini lumayan matang dan sangat harmonis. Ingat betul waktu itu band ini di kalangan teman-teman masih dikategorikan Pop Rock dikarenakan era 90-an lagu-lagu Rock yang ada jarang sekali mengusung tema Cinta yang manis-manis apalagi gempuran lagu-lagu Rock khususnya Heavy Metal. Tapi untuk acara festival-festival band yang digelar pada masa itu lagu Bayanga ini menjadi lagu Wajib yang harus dibawakan bagi peserta festival Musik Rock selain lagu-lagu dari Good Bless, Gong 2000 dan lagu dari Band Rock lokal lainnya. Inilah masa-masa kejayaan musik Rock Indonesia di Indonesia.

Kalau mengingat masa itu sempet aku cekikikan sendiri, bagaimana tidak… dengan sangat terbatasnya instrumen yang aku punya yaitu hanya gitar kopong/akustik aku paksa memainkan lagu itu, anda yang gitaris terutama, pasti bisa ngebayangin bagaimana bunyinya bila dengan gitar akustik memainkan lagu Bayangan yang notabene menggunakan skill Two Handed Tapping…hehehehe….. tapi aku gk nyerah, walaupun suaranya gk jelas yang penting notasinya ketemu dan aku mengimajinasikannya sedang memainkan lagu tersebut dengan gitar elektrik. Nah..pas sudah mendapatkan gitar elektrik pinjaman dari teman-teman dengan merek Price barulah aku bisa ngerasain gimana jadi seorang gitaris U’Camp..hahahahaha…….

Selain lagu Bayangan ada satu lagu yang lumayan menaikkan semangat….. dengan titel U’Camp, lagu dengan judul U’Camp ini konon menjadi Theme untuk anak-anak Rock Bandung, isi lirik dari lagu itu memang sedikit mengajak penikmat lagu U’Camp untuk semangat.

Inilah Album fenomenal U’Camp tersebut :

Produksi : Metrotama

Tahun : 1992

1.Bayangan
2. Bukalah Hatimu
3. Bandel
4. We Believe in you
5. Aku Bukan Kamu
6. Untukmu
7. Kutantang Badai
8. Anak Metal
9. Lokeloll
10. U’Camp

Suksenya album Bayangan memacu anggota band ini untuk merilis album berikutnya yaitu album Vol.2, kalo aku ingat ini album kurang sesukses album sebelumnya, menurutku lagi dikarenakan secara materi album ini belum bisa menandingi album terdahulunya, tak putus asa U’Camp terus menelorkan album-album berikutnya seperti : Masih Ada, Melangkah, Aku Cinta.

Bersamaan dengan keluarnya album-album anyar tersebut kondisi persaingan grup-grup musik juga mulai kompetitif dengan munculnya band-band baru yang menawarkan warna musik lain yang akhirnya mengakibatkan kevakuman terhadap grup Rock Indonesia tak terkecuali U’Camp

Puncaknya pada tahun 1997 terjadi perpecahan di tubuh U’Camp yang kabarnya dikarenakan perbedaan visi antar personel band dengan keluarnya Sandy-Drumer (sekarang gabung dengan PAS Band) dan Ovy-Gitar (sekarang gabung dengan /RIF).

Setelah sekian lama Vakum barulah di tahun 2008 Iram sang gitaris berusaha menghidupkan kembali & nama U’Camp terdengar lagi dengan mengeluarkan album baru “Apa Kabar” dibawah lebel nataSWARA tepatnya hari Rabu 25 Juni 2008 diadakan Launcing bertempat di  The ROCK Cafe (Hotel Grand Flora) – Kemang. Dengan digawangi personel baru :  Ozy-Bass, Arie-Drum, Dimi-Gitar, dan Dhino-Vocal dan yang pasti Iram-Gitar, Album ini membuktikan kecintaan mereka pada musik Rock.

  1. Apa kabar
  2. Selingan Cinta
  3. Menanti Jawaban
  4. Gila Tapi waras
  5. Preman
  6. Ku Sudah Bosan
  7. Semesta Alam
  8. Relakan
  9. Izinkan Aku
  10. Bayangan (Repakage)
Di album ini U’Camp lebih banyak mengambil tema yang mengisahkan tentang kejadian alam plus satu hit lawas mereka yang berjudul “Bayangan”.Mengenai alasan mengapa masih tetap menyisipkan lagu Bayangan di album terbaru? Herry, perwakilan dari pihak NataSWARA yang memproduksi sekaligus mendistribusikan album baru U’Camp, menjelaskan hadirnya lagu lawas ini karena masih tingginya keinginan penggemar untuk mendengarkannya kembali.Sementara Iram menampik anggapan masih adanya lagu Bayangan karena U’Camp formasi baru ini masih kurang percaya diri. ”Saya pikir bukan karena tidak percaya diri,” katanya. ”Tetapi kita ingin mengakomodasikan keinginan para penggemar kami. Untuk itulah kami juga menghadirkannya dengan aransemen yang lebih segar dan baru.”Ovy, mantan personel U’Camp yang turut hadir pada peluncuran album, hanya berharap grup band yang telah membesarkannya ini bisa kembali bersaing dengan grup band sekarang. ”Mudah-mudahan saja masih ada yang tertarik dengan U’Camp. Terus terang saya sudah menunggu sejak lama momentum ini,” katanya.
Oleh: Pipic
Diambil dari beberapa sumber
Facebook U’Camp: http://www.facebook.com/group.php?gid=307666089198

3 thoughts on “U’Camp”

  1. Dengan adanya Artikel ini, sangat bagus sekali keberadaannya. karena kita bisa menggingat kembali di masa sekolah waktu SMA. Tapi saya punya pendapat yang kain, Bagaimana kalau Gruop U’ CAMP yang dulu, bergabung kembali. dengan mengeluarkan Album seperti lagu BAYANGAN.

  2. Maz lanjutkan musik mu…………………………u camp jamrud pas band boomerang mana rock indonesia dulu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s