AWAL MUNCULNYA GENRE MUSIK HIP METAL


Oleh : Pipic

Di tahun 1997 aku putuskan untuk hijrah ke kota Surabaya setelah aku coba ngalor ngidul ngetan ngulon dari kota Madiun-Bandung-Surabaya-Bali, mencari sesuatu harapan setelah lulus SMA. Di Surabaya lah akhirnya keinginanku memiliki sebuah Studio Latihan Musik terwujud dengan nama High Voltage yang ada di Perum Griyo mapan dan akhirnya pindah ke Perum. Tropodo, studio tersebut aku dapat melalui perjalanan yang gak mudah tapi di dukung oleh faktor keberuntungan juga sih…. Studio tersebut di sewakan untuk umum.

Dari musik pop ke rock, dari yang cuma iseng dan menuju ke professional pelanggan berdatangan untuk latihan di studio. Saat itu memang aliran musik rock yang masih ngetrend dan familier adalah genre musik Alternatif tapi gaungnya sudah memulai memudar.
Di sela-sela grup band yang latihan di studio banyak yang membawakan musik Alternatif, pop rock, atau lagu-lagu Top 40 untuk konsumsi di café-café, ada beberapa band yang memainkan jenis musik yang pada waktu bener-bener jarang dibawakan oleh band-band yang latihan di studio HV, genre musik tersebut adalah Hip Metal. Jarang di bawakan karena faktor utamanya adalah vocal. Tidak gampang jadi vokalis band Hip Metal selain ia harus mengetahui dasar-dasar nge-rap dia juga sedikitnya mempunyai wawasan yang luas tentang musik. Sudah lama aku memimpikan memainkan jenis musik Hip Metal, hingga akhirnya aku ditawarin sama teman-teman diajak main di sebuah café membawakan musik-musik Hip Metal. Hingga muncul dibenakku pertanyaan kapan dan siapa sih sebenarnya pelopor jenis musik Hip Metal…..???.

Genre musik ini muncul di akhir era 90-an yang mana pada masa itulah genre musik ini menyebar ke penjuru dunia dengan diawali dengan adanya inovasi yang dibuat oleh kelompok Rage Against The Machine (RATM).

Tapi kalau ditanya kapan sih sebenarnya warna musik seperti ini mulai ada???…
Muncul pada Pertengahan era 80-an tepatnya pertengahan Agustus 1986 blantika musik dunia di kejutkan oleh munculnya lagu yang memadukan/menggabungkan 2 kubu musik yang sangat berbeda, yaitu Rock & Rap. Hal ini terwujud berkat kolaborasi antara 2 pentolan dari 2 genre tersebut diatas yaitu Aerosmith dan Run DMC dengan mengusung lagu lawas milik Aerosmith dengan judul “Walk This Way”. Ide awalnya datang dari keinginan Run DMC untuk mendapat pengakuan yang luas atas musik rap di industry musik, karena walaupun mereka sudah berhasil menjual album jutaan keping tetep aja music rap dianggap musik underground. Dengan inisiatif produser Run DMC “Rick Rubin” hajatan tersebut terlaksana. Aerosmith yang pada waktu itu popularitasnya sudah mulai memudar di rangkul dalam proyek ini. Versi Walk This Way terbaru sangat memuaskan, Run DMC berhasil menaikkan nama rap dan berhasil masuk di kalangan yang lebih mapan di industry musik sedang Aerosmith berhasil bangkit kembali sebagai salah satu kekuatan musik rock. Pada bulan Agustus 1986 Lagu yang inovatif ini berhasil menduduki posisi tertinggi nomor 4 di pop chart Amerika dan pada akhirnya kolaborasi ini disebut-sebut sebagai pelopor aliran Hip Metal. Hingga akhirnya selain RATM, muncul band-band yang beraliran Hip Metal seperti Limp bizkit, Kid Rock, Crazy Town, Linkin Park dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s