JT Riboloff

GITAR YANG DI DESAIN OLEH DESAINER GITAR LEGEND “JT. RIBOLOFF” SAMICK JTR SERIES


John Thomas Riboloff, JT. Riboloff with Elvira Model.
John Thomas Riboloff, JT. Riboloff with Elvira Model.

Sebelum saya menggunakan Gitar Fender Stratocaster Plus USA dan Stratocaster Mexico, gitar pertama kali yang saya gunakan dalam waktu lama yaitu gitar merek Samick milik Boss saya yaitu Bp. Harry yang sudah lupa serinya apa, yang saya ingat warnanya merah dengan tremolo up down Floyd Rose. Kesan pertama pakai gitar samick tersebut lumayan senang dan bangga mengingat sebelumnya saya tidak membayangkan bisa memakai gitar elektrik seperti milik sendiri. Tetapi setelah Studio milik Bp. Harry yang saya kelola mendapatkan gitar Fender Stratocaster, baru saya merasa ada yang kurang puas dengan gitar samick tersebut hehehe…. bukan karena merek, tapi lebih ke playability dan soundnya. Sejak saat itu aku merasa gitar samick kualitas secara keseluruhannya kurang…. menurut saya lho… hehehe.

Perasaan kurang puas akan gitar merek samick tersebut akhirnya berbalik drastis setelah saya kenal Sang Aji dan Ade, dari mereka berdua saya berkesempatan mencoba gitar samick, tepatnya Samick Greg Bennett Akustik Seri GD Model GD 100 S, secara playability dan sound lumayan asik diluar bayangan saya selama ini, yang mana seri GD tergolong seri bawah… “murah dan gak murahan”.

Perasaan “lumayan asik” tsb tidak bertahan lama setelah saya berkesempatan mencoba gitar elektrik Samick JTR Series, Model Marie MR-10. “Edan tenan”…. itu perasaan yg muncul saat itu… gitar merek samick yg selama ini saya underestimate ternyata sudah mengalami perubahan drastis setelah masuk desainer Mr. Greg bennett… lho kok Greg Bennett… kok ini yang saya coba kan Samick JTR…. seri apa lagi nih si JTR ????, oleh Sang Aji dan Ade akhirnya di informasikan.

Berikut ulasan tentang gitar Samick JTR Series :

Perusahaan Gitar Samick pada tahun 2010 resmi meluncurkan seri gitar baru yaitu : ” Samick JTR Series ” yang dirancang oleh perancang gitar-gitar terkenal bahkan gitar legend yaitu John Thomas Riboloff  yang lebih terkenal dengan sebutan JT. Riboloff (Tentang John Thomas Riboloff klik disini). Seri JTR diambil dari inisial nama JT. Riboloff tersebut. JT. Riboloff berusaha membuat gitar dengan kualitas bagus secara material dan sound tapi dengan harga yang relatif murah.

Desain :

Gitar Samick JTR Series didasari dengan desain gitar yang muncul di era dekade 40-an hingga 60-an yang pasti sudah tertebak bahwa desainya mengarah ke vintage dan diyakinkan oleh JT Riboloff bahwa Samick JTR Series tetap merupakan kreasi-kreasi baru yang segar.

Model :

Samick JTR Series terdiri dari 14 model yang berbeda. Masing-masing model diberi nama-nama layaknya seorang wanita yaitu :

– Linda (LN10, LN20FRQM, LN30QM)
– Marie (MR10, MR30FR)
– Elvira (EV10, EV30)
– Rose (RS10, RS20)
– Rose Anne (RA30, RA10)
– Sylvia (SV10, SV30)
– Veronica (VN10)

Ada rumor bahwa nama dari model-model seri JTR tersebut diambil dari masing-masing anak dari JT. Riboloff. kebenarannya rumor tersebut belum bisa dibuktikan secara resmi.

Material :

Mengenai materi-materi yang digunakan JT. Riboloff menerangkan : “Biasanya, dalam memproduksi gitar, merek gitar menggunakan materi-materi yang didapat dengan murah; dan itu berarti kualitasnya pun tidak bagus. Tapi tidak dengan Samick”. ”Riboloff juga menjelaskan tahap-tahap yang dilakukan dalam membuat gitar di hadapan para hadirin yang berada di Rolling Stone Cafe, Jakarta di acara peluncuran series ini, mulai dari sketsa, woodworking, cara menyesuaikan leher gitar (menurut Riboloff, tingkat kelembaban udara di Indonesia dapat menyebabkan leher gitar melengkung), hingga finishing.

Dari setiap model, JT. Riboloff berusaha untuk mengeluarkan karakter mulai dari kayu, pickup, bridge, dll untuk memunculkan karakter suara / sound baru yang selama ini kurang diperhatikan oleh Gibson dan Fender. JT. Riboloff berusaha untuk seluruh bahan dari gitar bisa sebanyak mungkin terkoordinasi dengan baik untuk menghindari hilangnya saraf akustik, menuangkan semua pengetahuan untuk keinginan hal tersebut diperolehnya setelah mengevaluasi dari pengalaman dia saat menjabat di perusahaan gitar Gibson.

Model-model dari seri JTR tersebut di munculkan dari tingkat sound gitar vintage high-end yang anda akan dengar dengan rapi dan kuat. Setiap model dirancang dengan desain pickup inovatif yang diadopsi untuk kedua batas-batas sound yang modern dan vintage.

Sangat disayangkan bahwa gitar Samick JTR Series sekarang sudah tidak diproduksi lagi, kabarnya Mr. JT. Riboloff ditarik kembali oleh Gibson dan ada yang mengatakan dia bergabung dengan perusahaan gitar yang ada di Korea. Jadi berbanggalah para Gitaris Indonesia yang berkesempatan memiliki hasil karya Master Luthier JT. Riboloff tersebut. Selain Gitar Elektrik, JTR ada Gitar Akustiknya tapi belum sempat rilis resmi gitar akustik tersebut keburu sang desainernya putus kontrak dengan pihak Samick.

Gitar Akustik JTR yang saya ketauhi terdiri dari seri berikut :

– Colorado River :

– Colorado River Nelly : CRLY

– Colorado River Layla : CRLA

– Colorado River Lola : CRLO

– Tennessee Valley

– Tennessee Valley Jezebelle : TVJZ

– Tennessee Valley Annabelle : TVAB

– RMLA, RMLO

Mengenai produk-produk gitar Samick JTR dan Greg Bennett bisa dilihat di : www.etalasemusik.wordpress.com

Berikut adalah gambar dan detil spesifikasi dari model Samick JTR Series Elektrik dan Akustiknya :

Samick JTR Series, Linda Model
Samick JTR Series, Linda Model
Samick JTR Series, Marie Model
Samick JTR Series, Marie Model
Samick JTR Series, Elvira Model
Samick JTR Series, Elvira Model
Samick JTR Series, Rose Model
Samick JTR Series, Rose Model
Samick JTR Series, Roseanne Model
Samick JTR Series, Roseanne Model
Samick JTR Series, Sylvia & Veronica Model
Samick JTR Series, Sylvia & Veronica Model

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s